Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Haedar Sebut Tiga Etos yang Harus Dimiliki Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah

SIDOARJO, MENARA62.COM — Haedar sebut tiga etos yang harus dimiliki kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadi...

Haedar Sebut Tiga Etos yang Harus Dimiliki Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah
SIDOARJO, MENARA62.COM — Haedar sebut tiga etos yang harus dimiliki kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan, rasa bangganya karena pernah menjadi kader dan pimpinan di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).
“Saya dalam ber-IPM merasa seperti mendapat hajrah dan ujrah, karena itu jadikanlah Muktamar IPM ke-XXI ini sebagai momentum untuk meneguhkan posisi dan peran IPM sebagai generasi “Nun”, generasi yang punya etos keilmuan dan iqro,“ katanya dalam acara pembukaan muktamar IPM ke XXI di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) pada Senin (19/11/2018), seperti dilansir situs Muhammadiyah.or.id.
Haedar mengingatkan, perlunya IPM sebagai generasi yang punya masa depan dan perlu hadir dalam peradaban karena kader IPM adalah sosok insan-insan muslim terpelajar yang berakhlak mulia dan mampu memadukan iman dan kemajuan.
“Slogan kami ketika dulu aktif di IPM adalah tertib ibadah, organisasi dan belajar. Itulah yang menjadi etos sangat penting namun sederhana, namun membuat kita nikmat dalam hidup. Hal inilah yang kami rasakan di IPM dan tertanam kuat sejak kami aktif di IPM,” katanya.
Pertama, tertib ibadah  dan selalu habluminallah, sehingga kita punya spirit yang kata sejalan dengan tindakan tulus, jujur, dan sederhana.
Kedua, tertib organisasi, inilah yang membuat Muhammadiyah menjadi organisasi modern sehingga bisa memberi contoh kepada bangsa ini.
“Kalau kita ingin naik kelas sebagai bangsa yang dulu telah lama di jajah dan kalah dalam setrategi karena mereka lebih pandai. Maka, jalan satu-satunya bangsa ini adalah harus well organized menjadi bangsa yang teroganisasi dan organisasinya harus modern,” ujarnya.
Organisasi yang modern disebutkan oleh Haedar adalah organisasi yang rasional, efisien, efektif dan berorientasi ke masa depan dan itulah yang menentukan masa depan Indonesia.
Ketiga tradisis iqro (tradisi keilmuan), kader IPM harus senantiasa haus akan ilmu. Karena itu, kader IPM jangan terlalu banyak berbicara tetapi lupa membaca.
“Ketiga ini menjadi penting etos kader IPM, sebagai generasi Haedar Sebut Tiga Etos yang Harus Dimiliki Kader Ikatan Pelajar MuhammadiyahNun Walqalami wa maa yasturun, “ kata Haedar mengakhiri sambutannya.

The post Haedar Sebut Tiga Etos yang Harus Dimiliki Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah appeared first on Menara62.



from Menara62 https://ift.tt/2PHrqNZ
via gqrds

Reponsive Ads