Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place

Indahnya Mengamalkan Alquran

Indahnya Mengamalkan Alquran Foto: Fadh Ahmad Arifan ...

Indahnya Mengamalkan Alquran

Foto: Fadh Ahmad Arifan

Advertisements

Oleh: Minah, S.Pd.I
Penulis Motivasi

MEMBACA alquran memberi efek yang luar biasa. Selain pahala yang berlipat ganda, efek sampingannya adalah ademnya hati ketika sedang membaca ataupun mendengarkannya. Bahkan tak jarang bisa meneteskan air mata loh… yang penting menghayati isi alquran.

Hebat banget Al-Quran itu, kog bisa kitab sekecil itu memuat hal-hal yang luar biasa dan lebih terperinci tentang kehidupan.. Bagaimana nggak luar biasa, itu semua karena alquran bukan sekedar kitab suci biasa. Tetapi itu benar-benar merupakan firman Allah yang diturunkan kepada kekasihnya yaitu Rasulullah Muhammad Shollallahu ‘alaihi Wassalam. Bila kita membaca alquran itu artinya kita sedang membaca kalam Allah. Allah berbicara dan berkomunikasi dengan kita. Masyaallah.

BACA JUGA: Inilah 7 Keistimewaan Alquran

Alquran yang diturunkan oleh Allah Subhnahu Wa Ta̢۪aala adalah sebagai petunjuk bagi umat manusia. Alquran tidak ada keraguan padanya. Ayat-ayatnya sungguh jelas dan pasti, sebagai penjelas dari petunjuk dan kebenaran, pemberi kabar gembira dan pembawa peringatan, penerang serta pemberi cahaya menuju jalan lurus. Barangsiapa yang memilih pedoman hidup selainnya, maka Allah akan menyesatkannya dan barangsiapa yang menolaknya, maka Allah akan membinasakan.

Alquran ialah jalan yang lurus dan tali Allah yang kokoh. Barangsiapa yang berpegang teguh padanya maka ia telah berpegang teguh pada tali yang kuat dan tidak akan putus. Siapa yang menjadikannya imam maka akan beruntung di dunia dan akhirat kelak. Firman Allah:
“Yang tidak datang kepadanya (AlQuran) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan d ari Rabb yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.” ( QS. Fushilat : 42)

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan AlQuran, dan Sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya.” ( QS. Al-Hijr : 9)

Related Posts

Agar Sukses Tadarus Al-Qur̢۪an di Bulan Ramadhan, Ini Dia Kiatnya

Sudah Sejak Lama Al-Quran Tegaskan Bentuk Bumi Bulat

Kemuliaan Penghafal Al-Qur̢۪an

Laki-laki dari Ujung Kota

Prev Next 1 of 2

Alquran adalah kitab yang mampu menghidupkan jiwa dan menenteramkan hati. De ngan izin Allah, Alquran bisa mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya. Siapa saja yang berkata dengan menggunakan Alquran, pasti akan terpercaya. Siapa saja yang mengamalkannya, pasti akan beruntung. Siapa saja yang memutuskan hukum dengannya, pasti akan adil. Dan siapa saja yang mendakwahkannya, pasti akan mendapatkan hidayah ke jalan yang lurus.

Alquran adalah sebaik-baik bekal bagi setiap muslim. Dengan Alquran hati akan menjadi hidup. Para pengembannya akan senantiasa mengatakan yang hak, dan tidak takut terhadap celaan orang yang suka mencela, semata-mata karena Allah.

“Orang yang terbaik diantara kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari dari Utsman bin Affan r.a.).

“Barangsuapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa “alif lam mim” adalah satu huruf. Akan tetapi Alif a dalah satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim juga satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi dari Abdullah bin Mas’ud, dan hadits ini shohih).

BACA JUGA: Bolehkah Meletakkan Mushaf Alquran di Lantai?

“Orang yang mahir dengan Alquran akan bersama-sama dengan rombongan malaikat yang mulia dan senantiasa berbuat baik. Dan orang yang membaca Alquran tapi terbata-bata dan sangat berat baginya, ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Muslim dari Aisyah, Ummul Mukminin. r.a).

“Bacalah Alquran, karena Alquran akan datang pada hari kiamat kelak memberi syafa’at (pembelaan) bagi ahlinya.” (HR. Muslim dalam kitab shohihnya. Dari Abu Umamah Al-Bahili ra.)

Alhamdulillah, betapa indahnya mengamalkan Alquran itu. Tugas kita adalah yuk sering membaca alquran, tidak sekadar membaca saja. Tapi, pelajari isi Alqurannya kemudian amalkan ya.. oke! semoga kita dimudahkan untuk mengamalkan alquran, mempelajari, memahami isi, serta mengamalkan isinya. Aamiin.

Sumber: Google News Network: Koranmu Indonesia

Tidak ada komentar

Latest Articles